NAMA
: REKNOASRIANI
KELAS
: 3EA15
NPM
: 11209137
TUGAS
: Jurnal Skirpsi tentang Perilaku Konsumen
Nama Penulis
/ Tahun : Yan Januar Akbar /2010
Judul
Penelitian :
ANALISIS PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN, PERSEPSI KUALITAS, DAN SIFAT KONSUMEN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDAH MOTOR
Sumber
Jurnal / URL : http://eprints.undip.ac.id/19406/1/Skripsi.pdf
Masalah /
Tema / Topik : Masalah yang
menjadi dasar penelitian ini adalah adanya penurunan penjualan sepeda motor
Honda dalam kurun waktu 2005-2008.
1. Apa
pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda
motor Honda?
2. Apa
pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian sepeda motor
Honda?
3. Apa
pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor
Honda?
Tujuan
Penelitian
:
1. Untuk
menganalisis pengaruh motivasi konsumen terhadap keputusanpembelian sepeda
motor Honda.
2. Untuk
menganalisis pengaruh persepsi kualitas terhadap keputusan
pembelian
sepeda motor Honda.
3. Untuk
menganalisis pengaruh sikap konsumen terhadap keputusan
pembelian
sepeda motor Honda.
Teori-teori
yang digunakan:
- Pemasaran
- Perilaku
Konsumen
- Teori
Motivasi
Hipotesis
:
a) Hipotesis
1
Motivasi
konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda
motor Honda
di Kota Semarang.
b) Hipotesis
2
Persepsi
kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda
motor Honda
di Kota Semarang.
c) Hipotesis
3
Sikap
konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda
motor Honda
di Kota Semarang.
Metode-metode
Penelitian :
Objek
: Gambaran
Umum Perusahaan, PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan pelopor industri
sepeda motor di Indonesia. Didirikan pada 11 Juni 1971 dengan nama awal PT
Federal Motor, yang sahamnya secara mayoritas dimiliki oleh PT Astra
International.
Jenis
Data : -Data Sekunder
-Data Primer
Metode
Analisis :
-
Analisis
Data Kualitatif
-
Analisis Data Kuantitatif
-
Uji Validitas
-
Uji Reliabilitas
-
Analisis Angka Indeks
-
Uji Asumsi Klasik
-
Uji Multikolinearitas
-
Uji Heteroskedastisitas
-
Uji Normalitas
-
Analisis Regresi Berganda
-
Uji Goodness of Fit
-
Uji F (Uji Simultan)
-
Uji t (Uji Parsial)
Model/teori
yang di uji :
Y = a + b1X1
+ b2X2 + b3X3 + e
Dimana :
Y :
Keputusan Pembelian
a :
Konstanta
b1, b2, b3 :
Koefisien masing-masing faktor
X1 :
Motivasi Konsumen
X2 :
Persepsi Kualitas
X3 : Sikap
Konsumen
e : Standard
error
Sumber
Jurnal / URL :
Deskriptif/interpretasi
data : -Pada tahun 2000 PT Federal Motor dan beberapa anak
perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT Astra Honda Motor, yang
komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan
50% milik Honda Motor Co. Japan.
Analisis/hasil-hasil
:
-
diketahui bahwanilai r hitung dari semua indikator variabel lebih besar dari r
tabelnyanya. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa semua indikator dalam
penelitian ini adalah valid.
-
pada tabel uji reliabilitas diketahui bahwa semua variabel mempunyai Cronbach
Alpha lebih besar dari 0,06 maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan variabel
dalam penelitian ini adalah reliabel.
Kesimpulan
dan Keterbatasan
Kesimpulan
:
-
Variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan
pembelian oleh konsumen diantara variabel bebas lainnnya yang diteliti yaitu
sebesar 0,403. Kemudian pengaruh terbesar lainnya adalah variabel sikap
konsumen sebesar 0,283 dan variabel persepsi kualitas sebesar 0,228.
-
Hipotesis pertama (H1) yang menyatakan bahwa motivasi konsumen berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang
terbukti kebenarannya.
-
Hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa persepsi kualitas konsumen
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota
Semarang terbukti kebenarannya.
-
Hipotesis ketiga (H3) yang menyatakan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti
kebenarannya.
-
Variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel motivasi konsumen,
persepsi kualitas, dan sikap konsumen sebesar 61,4% sedangkan sisanya 38,6%
dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar model.
Kontribusi
pada masyarakat :
-
Penelitian yang akan datang disarankan untuk menambah variabel-variabel baru
yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda seperti;
Program Promosi (Bella, 2009), Citra Merek, Nama Merek, dan Brand Awareness
(Fepria, 2009) sehingga mampu memberikan nilai indeks yang lebih tinggi serta
dapat menghasilkan gambaran yang lebih luas tentang masalah penelitian yang
sedang diteliti.
-
Penelitian mendatang dalam pengambilan sampel dan daerah yang digunakan untuk
menyebarkan kuesioner hendaknya menggunakan objek lokasi penelitian yang lebih
luas dan merata di seluruh Kota Semarang sehingga wilayah penelitian tidak
hanya berkisar dengan wilayah yang diketahui peneliti.
-
Pengisian kuesioner harus benar-benar dipantau agar tidak ada jawaban yang
kosong dan tidak terjadi kesalahan pengisian serta yang lebih utama adalah
pembuatan butir-butir pertanyaan harus benar-benar diperhatikan agar tidak
terjadi kebingungan responden dalam mengisi dan jawaban yang dihasilkan dapat
merepresentasikan hal-hal yang ditanyakan
Analisis :
Dalam tugas softskill mata kuliah perilaku konsumen
Universitas Gunadarma saya akan mencoba menganalisis jurnal diatas ini, bahwa
dari jurnal yang berjudul Analisis pengaruh motivasi konsumen, persepsi
kualitas, dan sifat konsumen terhadap keputusan pembelian sepedah motor dapat
saya ambil kesimpulan jurnal ini hanya mencakup inti-inti dari penelitian yang
diuji terhadap penjualan sepeda motor Honda dalam hal ini saham yang di miliki
oleh PT Astra
Honda Motor, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra
International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan. Dalam jurnal ini tidak
di perlihatkan hasil-hasil analisis dari penelitian. Dan dai kesimpulan yang didapat dai hasil penelitian
tersebut dapat saya simpulkan bahwa penjualan motor Honda menurun karna
beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu motivasi konsumen berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian sepeda motor, persepsi kualitas berpengaruh
positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di kota Semarang, sikap
konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di Kota Semarang.
Maka dalam hal ini perusahaan harus memperhatikan beberapa aspek untuk
meningkatkan penjualannya di Kota Semarang.Karena dari hasil penelitian kita
dapat dapat menyimpulkan variabel motivasi konsumen memiliki pengaruh paling besar
terhadap keputusan pembelian oleh konsumen diantara variabel bebas lainnnya
yang diteliti yaitu sebesar 0,403. Kemudian pengaruh terbesar lainnya adalah
variabel sikap konsumen sebesar 0,283 dan variabel persepsi kualitas sebesar
0,228, Hipotesis pertama (H1) yang menyatakan bahwa motivasi konsumen
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota
Semarang terbukti kebenarannya, hipotesis kedua (H2) yang menyatakan bahwa
persepsi kualitas konsumen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian
sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti kebenarannya. Hipotesis ketiga
(H3) yang menyatakan bahwa sikap konsumen berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Honda di Kota Semarang terbukti
kebenarannya.Variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel motivasi
konsumen, persepsi kualitas, dan sikap konsumen sebesar 61,4% sedangkan sisanya
38,6% dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek-aspek lain diluar model.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Hai, Bagaimana menurutmu? Ada komentar?