BAB
7. PEMASARAN STRATEGIS UNTUK PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN PEMCIPTAAN NILAI
LEBIH BAGI PEMEGANG SAHAM
Pilihlah jawaban yang paling tepat pada
pertanyaan dibawah ini.
- Perusahaan dapat bertahan jika berkembang dengan:
- Memperhatikan keuntungan
- Mengadaptasikan perubahan pasar
- Jawaban a dan b benar
- Tidak ada jawaban yang benar
- Aturan perusahaan terpenting adalah pada:
- Tingkat perusahaan
- Tingkat karyawan
- Tingkat korporat
- Tingkat pasar dan produk
- Salah satu komponen kunci dari sebuah strategi adalah:
- Strategi awal
- Target konsumen
- Strategi mix
- Target market
- Dibawah ini merupakan perencanaan strategi pemasaran:
- Motivasi dan kontrol
- Menyeimbangkan tirani akuntan
- Memfasilitasi proses perubahan
- Semua jawaban benar
- Pilihlah pernyataan yang benar dibawah ini:
- Manajer dapat merencanakan masa depan
- Manajer dapat memprediksi masa depan
- Manajer tidak dapat menganalisis kegagalan bisnis
- Semua jawaban benar
- Headquarters dapat memberikan tambahan nilai dengan cara:
- Mengendalikan perubahan organisasi
- Restrukturisasi
- Shared value drivers
- Jawaban a dan c benar
- Berinvestasi pada strategi yang meningkatkan nilai pemegang saham, merupakan salah satu aturan dalam hal:
- Mengendalikan perubahan organisasi
- Mengatur portfolio bisnis
- Mengatur pengendali nilai bersama
- Membagi aktifitas perusahaan
- Berikut ini merupakan tipe peranan perusahaan menurut Michael Porter:
- Restrukturisasi
- Mentransfer kemampuan
- Manajemen portfolio
- Semua jawaban benar
- Peranan pusat korporasi mengalami perubahan yang disebabkan karena:
- Penekanan lebih banyak pada sistem formal dan teknis
- Desentralisasi dan delegasi terhadap pembuat keputusan lebih sedikit pada unit bisnis
- Pandangan bahwa pusat korporasi merupakan pendukung bisnis
- Semua jawaban salah
- Peranan pusat korporasi adalah:
- Sebagai katalis
- Sebagai pendukung bisnis
- Sebagai fasilitator
- Jawaban a dan c benar
- Perencanaan pemasaran strategis terdiri dari .......... komponen
- Sepuluh
- Sembilan
- Delapan
- Tujuh
- Pilihlah pernyataan yang benar dibawah ini:
- Setiap unit bisnis memerlukan tujuan strategis yang luas
- Tujuan dasar unit bisnis adalah meminimalkan nilai bagi pemegang saham
- Strategi pemasaran tidak harus mengikuti proses bottmon-up
- Perencanaan pemasaran strategis terdiri dati lima komponen
- Unit bisnis yang memiliki daya tarik dan keunggulan kompetitif yang rendah sebaiknya melakukan:
- Strategi enter
- Strategi maintain
- Divestasi
- Harvest
- Pada kombinasi dengan daya tarik dan keunggulan kompetitif yang tinggi, perusahaan sebaiknya melakukan:
- Strategi enter
- Strategi maintain
- Divestasi
- Harvest
- Apabila tujuan strategis adalah enter, maka fokus harus berada pada:
- Meningkatkan produktivitas
- Meningkatkan volume
- Meningkatkan harga produksi
- Memotong biaya produksi
- Apabila tujuan strategis adalah maintain, maka fokus harus berada pada:
- Meningkatkan produktivitas
- Meningkatkan volume
- Penetrasi market
- Memperluas market
- Tugas utama dalam daur hidup perusahaan yang berfokus pada volume adalah:
- Mereduksi biaya
- Meningkatkan bauran penjualan
- Mengambil alih pelanggan kompetitor
- Meningkatkan harga
- Pada saat pasar sudah mulai matang, terdapat perubahan penting yang biasanya terjadi:
- Perusahaan yang mendominasi pasar melakukan konsolidasi
- Pelanggan menjadi lebih sensitif dengan banyaknya kompetitor
- Jawaban a dan b salah
- Jawaban a dan b benar
- Berikut ini merupakan aspek penting dalam target konsumen:
- Dinamika pasar
- Kemauan pasar
- Kepuasan pasar
- Semua jawaban diatas salah
- Inti dari masalah pemasaran adalah:
- Dinamika pasar
- Segmentasi pasar
- Inovasi pasar
- Semua jawaban diatas benar
- Dalam melakukan positioning pasar, perlu dilakukan:
- Identifikasi strategi inti untuk setiap segmen pasar
- Mendesain bauran pemasaran
- Mengevaluasi daya tarik segmen pasar
- Jawaban a dan b benar
- Berikut ini merupakan pertanyaan dalam menganalisis kompetitor, KECUALI:
- Siapakah kompetitor kita?
- Seperti apa strategi mereka?
- Apa yang harus mereka lakukan?
- Dimana kelemahan kita?
- Kompetitor dengan kebutuhan yang sama namun dengan produk yang berbeda disebut dengan:
- Kompetitor langsung
- Kompetitor tidak langsung
- Kompetitor potensial
- Kompetitor non potensial
- Pernyataan mengenai strategi utama dibawah ini benar, KECUALI:
- Strategi utama dilakukan untuk membidik konsumen
- Strategi utama dilakukan untuk membidik persaingan yang berubah
- Perusahaan tidak memerlukan strategi utama
- Strategi utama dan keunggulan kompetitif dibutuhkan setiap perusahaan
- Berikut ini merupakan keputusan operasional pada marketing mix, KECUALI:
- Penetration
- Price
- Promotion
- Place
- Pilihlah jawaban dibawah ini yang termasuk jenis produk:
- Bentuk fisik, seperti komputer
- Jasa, seperti makanan
- Ide, seperti kampanye anti rokok
- Semua jawaban benar
- Dibawah ini merupakan hierarki produk yang menggambarkan bagaimana perusahaan membangun level produk untuk memuaskan konsumen, KECUALI:
- Basic product
- Non potential product
- Expected product
- Augmented product
- Harga memiliki dampak penting pada:
- Cash-flow
- Pertumbuhan potensial bisnis
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Hubungan masyarakat, periklanan dan penjualan personal termasuk dalam:
- Keputusan promosi
- Keputusan harga
- Keputusan tempat
- Keputusan produk
- Berikut ini merupakan kategori dalam fungsi saluran distribusi:
- Informasi
- Penjualan
- Pengiriman
- Semua jawaban diatas benar
- Pertanyaan dibawah ini perlu dijawab dalam penilaian strategi, KECUALI:
- Apakah rencana pemasaran yang diajukan dapat menciptakan nilai bagi pemegang saham?
- Apakah strategi perlu dilakukan?
- Apakah rencana strategi alternatif dapat menciptakan nilai lebih?
- Bagaimana sensitivitas strategi pemasaran terhadap perubahan yang tidak diinginkan pada lingkungan industri?
- Tujuan dari proses perencanaan adalah:
- Mengendalikan pertumbuhan usaha
- Menemukan formula agar bisnis menang
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Proses mengembangkan strategi pemasaran terdiri dari ........ tahap
- Lima
- Enam
- Tujuh
- Delapan
- Dalam tahap membentuk tim yang berbeda fungsi, outputnya adalah:
- Mendapatkan komitmen dalam mengembangkan rencana kerja
- Definisi dan hipotesis pasar tentang faktor kunci kesuksesan
- Mengembangkan review berdasarkan fakta
- Analisis nilai pemegang saham
- Berikut ini merupakan tahap dalam implementasi strategi, KECUALI:
- Mendefinisikan misi organisasi
- Membangun nilai organisasi
- Memberikan arti bagi kerja karyawan
- Merencanakan pasar strategis
- Pilihlah pernyataan yang benar dibawah ini:
- Tujuan perencanaan strategis adalah untuk memprediksikan masa depan
- Perencanaan di tingkat perusahaan tidak perlu berfokus dalam mengendalikan perubahan organisasi
- Strategi pemasaran harus diformulasikan pada tingkat unit bisnis
- Strategi pemasaran berdasarkan nilai terdiri dari lima tahap
BAB
8. PERENCANAAN PASAR STRATEGIS
Pilihlah jawaban yang paling tepat pada
pertanyaan dibawah ini.
- Keuntungan diversifikasi antara pasar produk bagi kinerja bisnis adalah:
- Mengurangi ketergantungan pada satu pasar produk
- Memuluskan kinerja persahaan
- Menciptakan kondisi persaingan dan siklus produk dalam pasar produk yang berbeda
- Semua jawaban benar
- Semua pernyataan mengenai diversifikasi dibawah ini benar, KECUALI:
- Diversifikasi produk memiliki satu tingkatan diversifikasi
- Semakin rendah ketergantungan bisnis pada produk tunggal, semakin besar kepekaan terhadap perubahan utama pada kinerja
- Diversifikasi pasar memberikan cara lain untuk mencapai pertumbuhan dan mengurangi risiko
- Melakukan diversifikasi pasar-produk dapat memuluskan kinerja perusahaan
- Semua pernyataan dibawah ini benar, KECUALI :
- Penekanan lebih banyak pada sistem formal dan teknis
- Pasar produk akan memperoleh investasi tambahan untuk mengembangkan posisi penting strategi pasar
- Pasar-produk hanya berpengaruh pada kinerja bisnis jangka pendek saja
- Pasar produk lainnya dibutuhkan untuk mencapai posisi persaingan yang lebih kuat
- Berikut ini diperlukan dalam proses perencanaan strategi pasar:
- Strategi marketing mix dan rencana kinerja
- Analisis portfolio
- Rencana strategi pasar
- Semua jawaban diatas benar
- Hal yang dapat memperluas hasil dari kinerja adalah:
- Daya tarik
- Keunggulan kompetitif
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Area kritis dari kinerja bisnis adalah:
- Posisi saham
- Kinerja kerugian
- Strategi pasar
- Semua jawaban diatas salah
- Salah satu faktor yang membentuk keaktraktifan pasar adalah:
- Kelemahan pasar
- Kebutuhan pembelian
- Akses pasar
- Semua jawaban diatas benar
- Tujuan utama dari rencana strategi pasar adalah:
- Untuk menyediakan arahan strategis yang mengatur sasaran kinerja
- Untuk mengarahkan pengembangan tactical marketing mix strategy
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Kekuatan pasar, intensitas persaingan dan akses pasar merupakan tiga dimensi dari:
- Kinerja bisnis
- Keaktraktifan pasar
- Diversifikasi
- Strategi pasar
- Semua pernyataan mengenai keaktraktifan pasar dibawah ini benar, KECUALI:
- Tiap dimensi tidak perlu di break-down dalam beberapa faktor yang berpengaruh pada ketiga dimensi tersebut
- Ketiga dimensi dibobot untuk merespons tingkat kepantingannya
- Dengan memberikan peringkat keaktratifan tiap faktor dalam tiap dimensi maka diperoleh indeks keseluruhan
- Tiap faktor keaktraktifan pasar dirangking dari: sangat tidak aktraktif sampai sangat aktraktif untuk pasar produk tertentu
- Keunggulan diferensiasi, biaya dan marketing merupakan faktor utama dalam bisnis yang dapat membentuk:
- Strategi pemasaran
- Market attractiveness
- Keunggulan kompetitif
- Kinerja bisnis
- Berikut ini termasuk intensitas persaingan pasar yang dapat menentukan keunggulan kompetitif, KECUALI:
- Biaya unit
- Pengeluaran pemasaran
- Biaya transaksi
- Pangsa pasar
- Portfolio pasar barang diperoleh dengan mengkombinasikan:
- Nilai keunggulan kompetitif dan keatraktifan pasar
- Nilai keunggulan kompetitif dan kinerja bisnis
- Nilai kinerja bisnis dan keatraktifan pasar
- Bukan salah satu jawaban diatas
- Defensive strategy merupakan:
- Investasi untuk memperbaiki dan atau memperkuat persaingan
- Investasi untuk melindungi pangsa pasar dan keunggulan kompetitif
- Investasi untuk memasuki pasar atraktif baru
- Investasi untuk mengembangkan pasar produk baru
- Salah satu offensive strategies yang mengatur posisi pasar untuk aliran dana maksimum dengan sumber daya pemasaran terbatas adalah:
- Harvest
- Invest to grow
- Optimize position
- Monetize
- Salah satu offensive strategies yang merupakan sumber daya pemasaran untuk mengembangkan pasar atau pangsa pasar adalah:
- Divest
- New market entry
- Invest to grow
- Defensive strategy
- Optimize position perlu dilakukan untuk:
- Mengoptimalkan volume harga
- Mengoptimalkan produk
- Mengoptimalkan sumber daya pemasaran
- Jawaban a dan c benar
- Semua pernyataan dibawah ini benar, KECUALI:
- Rencana strategi pasar defensif sangat penting dalam melindungi posisi pangsa utama
- Strategi divest merupakan strategi terbaik jika tidak ada prospek dari keuntungan jangka pendek
- Strategi optimize position jarang dilakukan pada tahap pertumbuhan sampai pada batasnya
- Protect position merupakan strategi bertahan dalam berinvestasi untuk melindungi posisi pasar atraktif
- Jika strategi pasar defensif sukses dilaksanakan, maka akan sukses dalam:
- Melindungi posisi saham
- Pertumbuhan pendapatan penjualan
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Rencana strategi pasar yang defensif:
- Melindungi posisi penting strategi pasar
- Memperluas kontributor aliran dana jangka pendek
- Sangat disukai terjadi dalam pasar atraktif
- Semua jawaban benar
- Pilihlah pernyataan mengenai perencanaan kinerja yang benar dibawah ini:
- Tujuan kinerja antara strategi pasar defensif dan ofensif tidak berbeda
- Rencana strategi pasar defensif merupakan sumber kunci terbesar dalam pertumbuhan pendapatan penjualan
- Rencana strategi pasar ofensif tidak membutuhkan investasi untuk berkembang
- Semua jawaban diatas salah
- Berikut ini ádalah BUKAN merupakan kekuatan pasar:
- Ukuran pasar
- Pertumbuhan
- Persaingan harga
- Kekuatan pembeli
- Berikut ini ádalah BUKAN merupakan tingkat persaingan:
- Kekuatan pembeli
- Persaingan harga
- Kemudahan masuk pasar
- Substitusi
- Berikut ini ádalah BUKAN merupakan akses pasar:
- Permintaan sales force
- Ukuran pasar
- Kekeluargaan pelanggan
- Akses jaringan
- Dibawah ini termasuk strategi bauran pemasaran:
- Produk
- Harga
- Tempat
- Semua jawaban diatas benar
BAB
9. UKURAN KINERJA DAN PELAKSANAAN STRATEGIS
Pilihlah jawaban yang paling tepat pada
pertanyaan dibawah ini.
- Pendekatan bisnis pemasaran yang dapat diterapkan adalah:
- Selalu berinovasi
- Melakukan hal secepatnya dan benar
- Jawaban a dan b benar
d. Jawaban a dan b salah
- Semua pernyataan dibawah ini benar, KECUALI:
- Rencana pemasaran harus dapat diimplementasikan dengan baik
- Keberhasilan implementasi tidak berdampak langsung terhadap rencana bisnis
- Keberhasilan implementasi memerlukan ketekunan dan kemampuan beradaptasi yang tinggi
- Sebuah bisnis memerlukan rencana pemasaran yang baik untuk mencapai keberhasilan pemasaran
- Market-based marketing strategy dirancang untuk:
- Memajukan bisnis secara keseluruhan
- Mereduksi biaya produksi
- Menciptakan kepuasan pelanggan
- Semua jawaban diatas salah
- Tingkat keberhasilan dari strategi pemasaran akan terdeteksi dengan gambaran:
- Trek kepuasan pelanggan
- Retensi
- Tingkah laku pembelian
- Semua jawaban diatas benar
- Berikut ini adalah output dari strategi pemasaran yang akan berpengaruh pada shareholder:
- Kinerja financial
- Market performance metrics
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Peningkatan persentase kepuasan pelanggan mungkin tidak akan berdampak secara langsung pada:
- Penurunan angka penjualan
- Keuntungan bersih
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Tingkah laku pelanggan, market metrics dan kinerja profit diilustrasikan dalam beberapa periode. Urutan peristiwa terakhir adalah:
- No customer dissatisfied
- Do not rebuy
- Regain customers
- Discover problem
- Sebuah bisnis berbasis pasar akan dapat mendeteksi permasalahan pada periode ke:
- I
- II
- III
- IV
- Dibawah ini merupakan jenis market metrics:
- Unprocess market metrics
- Result market metrics
- End result market metrics
- Semua jawaban diatas salah
- Semua pernyataan mengenai result market metrics dibawah ini benar, KECUALI:
- Semua market metrics merupakan indikator utama dalam menentukan kinerja bisnis
- Market metrics merupakan ukuran dinamis untuk kinerja pasar
- Market metrics sangat penting bagi implementasi strategi dan kinerja financial
- Market metrics berorientasi hasil akhir lebih mengarah pada kinerja financial internal
- Hal yang berperan dalam process market metrics adalah:
- Daya tarik
- Kesadaran pelanggan
- Uji coba produk
- Semua jawaban diatas benar
- Indikator penting bagi kinerja financial adalah:
- Pangsa pasar
- Pengeluaran pemasaran
- Biaya transaksi
- Pikiran dan perilaku pelanggan
- Yang tidak tercakup dalam end-result market metrics adalah:
- Daya tarik
- Pembagian pangsa pasar
- Kerentanan pelanggan
- Penerimaan dari pelanggan
- Dalam mengimplementasikan keberhasilan rencana pemasaran, hal yang mendukung rencana pemasaran adalah:
- Kompensasi
- Komunikasi
- Timbal balik
- Daya tahan
- Dalam mengimplementasikan keberhasilan rencana pemasaran, hal yang dapat mengadaptasi rencana pemasaran adalah:
- Rencana tidak terinci
- Keterlibatan manajemen
- Waktu yang diperlukan
- Perbaikan terus menerus
- Dalam mengimplementasikan keberhasilan rencana pemasaran, hal yang merupakan rasa memiliki rencana pemasaran adalah:
- Keahlian
- Adaptif
- Kompensasi
- Alokasi sumber daya
- Dibawah ini merupakan strategi pemasaran taktis tertentu dalam sebuah rencana pemasaran untuk diimplementasikan:
- Merekrut tenaga penjualan
- Mengembangkan program pelatihan
- Mengindentifikasi target penawaran
- Semua jawaban diatas benar
- Tujuan kompensasi adalah:
- Menciptakan motivasi
- Menciptakan rasa tanggungjawab
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Semua pernyataan mengenai kompensasi dibawah ini benar, KECUALI:
- Kompensasi dapat diberikan pada external market metrics
- Kompensasi dapat diberikan pada internal market metrics
- Umumnya seseorang tidak merespon financial reward
- Dengan memberikan kompensasi, keberhasilan implementasi rencana pemasaran dapat ditingkatkan
- Hal yang dapat mempengaruhi derajat keberhasilan sebuah bisnis adalah:
- Menerapkan rencana pemasaran
- Jangka waktu untuk berhasil
- Alokasi sumber daya
- Semua jawaban benar
- Jangka waktu yang dibutuhkan untuk mendukung perencanaan pemasaran bergantung pada:
- Strategi pemasaran
- Kesempatan pasar
- Jawaban a dan b benar
- Jawaban a dan b salah
- Berikut ini ádalah BUKAN merupakan komunikasi eksternal terhadap rencana pemasaran:
- Sasaran pelanggan
- Pertukaran informasi
- Keahlian
- Intermediasi saluran
- Berita bisnis dan umum harus dikomunikasikan kepada:
- Konsumen, distributor, investor potensial
- Konsumen, distributor
- Konsumen, investor potensial
- Distributor, investor potensial
- Sebuah bisnis yang mengimplementasikan program dengan tujuan meningkatkan penjualn produk barunya memerlukan pelatihan manajemen mengenai produknya:
- Setuju
- Tidak stuju
- Ragu-ragu
- Tidak tahu
- Berikut ini ádalah BUKAN merupakan faktor yang berperan terhadap tingkat adaptif dari sebuah rencana pemasaran:
- Continous improvement
- Feedback measurement
- Adaptive in and out
- Persistance
- Untuk dapat bertahan, rencana pemasaran harus bersifat:
- Preventif
- Inovatif
- Kuratif
- Adaptif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Hai, Bagaimana menurutmu? Ada komentar?