yang fudul

Rabu, 09 Mei 2012

pertemuan 1 PHP


PENGANTAR WEB dan PHP


WORLD WIDE WEB
World Wide Web biasa disebut Web, merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan Internet. Informasi-informasi dalam web mempunyai link yang menghubungkan informasi tersebut ke informasi lain dalam jaringan Internet. Link mempunyai tanda khusus , bisa berupa teks bergaris bawah dan berwarna, ikon maupun gambar yang dikelilingi suatu kotak.

Untuk mengetahui apakah suatu teks atau gambar merupakan tanda link adalah dengan melihat perubahan bentuk penunjuk mouse yang akan berubah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti teks atau gambar tersebut merupakan link yang menghubungkan Anda ke Informasi lain dalam World Wide Web.

Sistem yang menghubungkan informasi-informasi melalui link disebut dengan nama hypertext, yang kemudian berubah menjadi hypermedia dimana link penghubung antar informasi bukan lagi hanya berupa suatu teks, tetapi juga bisa berupa file multimedia seperti gambar, suara atau video.

Bekerja dengan Web mencakup dua hal yang penting yaitu :
1.    Software Web Browser, bertindak sebagai client yang memungkinkan Anda untuk menginterpretasikan dan melihat informasi pada web
2.    Software Web Server, bertindak sebagai server yang memungkinkan Anda untuk menerima informasi yang diminta  oleh browser.

Client memungkinkan Anda untuk menginterpretasikan dan melihat informasi pada web sedangkan server memungkinkan Anda menerima informasi yang diminta oleh browser.

Pertama kali aplikasi web dibangun hanya dengan menggunakan bahasa yang disebut HTML (HyperText Markup Language). Pada perkembangan selanjutnya sejumlah skrip dan objek dikembangkan untuk memperluas kemampuan HTML misalnya PHP dan ASP, sedangkan contoh objek adalah applet (JAVA).

Aplikasi web itu sendiri dapat dibagi menjadi :
§  Web Statis
Dibentuk dengan menggunakan HTML saja. Kekurangan aplikasi seperti ini terletak pada keharusan untuk memelihara program secara terus menerus untuk mengikuti setiap perubahan yang terjadi.
§  Web Dinamis
Pembuatan halaman web diperluas dengan menggunakan perangkat lunak tambahan, perubahan informasi dalam halaman web dapat ditangani melalui perubahan data, bukan perubahan program. Sebagai implementasinya aplikasi web dapat dikoneksikan ke database (web database)

HOMEPAGE
Setiap pribadi atau organisasi perusahaan yang memiliki informasi di World Wide Web memerlukan suatu alamat (URL) khusus yang disebut Website. Setiap informasi yang disimpan dalam suatu file yang berbeda disebut web page (lebih dikenal dengan sebutan page). Dalam page tersimpan berbagai informasi dan link yang menghubungkan suatu informasi ke informasi lain baik dalam web page yang sama ataupun pada webpage lain pada website yang berbeda.

Sebelum mengakses berbagai informasi pada suatu website, yang pertama dijumpai adalah halaman web pembuka yang disebut Homepage yang berisi informasi secara singkat tentang apa yang menjadi isi dari keseluruhan website dari suatu organisasi atau pribadi.

HYPERTEXT TRANSFER PROTOCOL (HTTP)
Hyper Text Transfer Protokol adalah suatu protokol untuk menentukan aturan yang harus diikuti oleh Web Browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web Server dalam menyediakan dokumen yang diminta. Protokol ini merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses dokumen HTML.

UNIFORM RESOURCE LOCATOR (URL)
Uniform Resource Locator adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi atau alamat  informasi pada suatu web server. Format umum suatu URL adalah :
           
Protokol transfer://nama host/path/namafile

§  Protokol transfer adalah protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi
§  Nama host adalah  nama dari komputer dimana informasi tersebut tersedia
§  Path/nama file adalah  jalur serta nama file dari suatu informasi

Contoh : http://www.supra.ac.id/

MERANCANG SEBUAH WEB SITE
Web adalah sarana yang bermanfaat untuk mengemukakan ide-ide Anda. Dalam merancang sebuah web site, tentukan terlebih dahulu web site kemudian putuskan halaman-halaman web apa yang diperlukan. Dengan menambahkan suara, gambar dan video akan membuat dokumen web menjadi lebih menarik. Anda harus mengorganisasikan ide-ide Anda dan mengembangkan strategi khusus sebelum membuat dokumen web.

MENENTUKAN TUJUAN
Dalam membuat web site Anda harus menentukan tujuan pembuatan web site tersebut, apakah untuk mempublikasikan perusahaan Anda, publikasi diri pribadi, publikasi produk-produk baru usaha anda atau yang lain.
Apapun tujuan Anda membuat dokumen web, Anda perlu menampilkan dan menyatakannya secara jelas. Ini untuk memastikan bahwa pembaca mengetahui apa yang mereka baca.

MENENTUKAN SASARAN PEMBACA WEB PAGE
Jika sasaran pembaca web page Anda adalah orang lokal, sebaiknya dokumen  web tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini agar pembaca dapat dengan cepat memahami dan memberikan reaksi atas web Anda. Jika sasarannya adalah orang seluruh dunia, sebaiknya dokumen web Anda dalam bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional, atau tidak ada salahnya Anda membuat dokumen dalam dua atau tiga bahasa.

STRUKTUR WEB PAGE
Sebelum membuat dokumen web, sebaiknya pertimbangkan dengan baik cara mengelola dokumen tersebut. Tulis struktur organisasi dokumen tersebut dalam satu kerangka yang jelas dan tidak menyimpang dari tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.

Hal-hal yang perlu disampaikan antara lain adalah :
§  PEMBUKAAN
Yaitu memperkenalkan dokumen Anda kepada pembaca disertai dengan ulasan ringkas tentang maksud dokumen tersebut

§  MENU UTAMA
Untuk  memperlihatkan isi dari seluruh web site Anda
§  PENUTUP
Digunakan untuk membuat suatu ringkasan atau meminta saran dan pendapat pembaca

PENGENALAN HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML,

HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web dan HTML kini merupakan standar Internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.
SEJARAH HTML
Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi ( ISO 8879 ) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML ( Standard Generalized Markup Language ).
ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya  bagi mereka yang menggunakan World Wide Web.
BROWSER DAN EDITOR
·         Browser merupakan software yang di install di mesin client yang berfungsi untuk menterjemahkan tag-tag HTML menjadi halaman web. Browser yang sering di gunakan biasanya Internet Explorer, Netscape Navigator dan masih banyak yang lainya.
·         Editor program yang di gunakan untuk membuat document HTML, ada banyak HTML editor yang bisa anda gunakan diantaranya: Ms FrontPage, Dreamweaver, Notepad.

Semua dokumen HTML harus disimpan sebagai file teks murni. Ada dua macam ekstensi file yang dapat digunakan, yaitu ekstensi file “.html”  ( untuk sistem operasi UNIX atau WINDOWS 95) atau “.htm” ( untuk sistem operasi DOS/WINDOWS 3.x)

Editor Notepad
 

ELEMEN HTML
Suatu elemen HTML terdiri dari tag-tag dan atributenya.  Beberapa contoh dari elemen HTML adalah sebagai berikut :

TAG
Sewaktu browser menampilkan halaman web, browser akan membaca teks pada dokumen HTML dan mencari kode khusus yang disebut tag. Tag biasanya merupakan suatu pasangan tag awal <…>  dan tag akhir </…>
Contoh :
<TITLE> Belajar HTML </TITLE>

Tag yang mengandung tag laim di dalamnya disebut sebagai nested tag. Jadi tag tidak boleh tumpang tindih. Tidak semua tag didukung oleh browser. Jika suatu browser tidak mengenali suatu tag tertentu, browser tersebut akan mengabaikan tag yang tidak dikenalinya dan menampilkan isi tag sebagai teks biasa.

ATRIBUTE
Tag awal biasanya memiliki beberapa atribut   yang menyatakan karakteristik tag tersebut. Misalnya : <P ALIGN = “left”> digunakan untuk membuat rata kiri paragraf. Tag yang digunakan adalah <P> dan atribut yang menyertainya adalah ALIGN dengan nilai left

STRUKTUR DOKUMEN HTML

Dokumen HTML bisa mengandung teks, gambar, suara atau video. Yang membedakan HTML dengan dokumen lain adalah elemen-elemen HTML beserta tag-tagnya. Elemen dan tag HTML berfungsi untuk memformat atau menandai suatu bagian tertentu dari dokumen HTML dan juga menentukan struktur bagian tersebut dalam dokumen HTML.


Struktur dokumen HTML terlihat seperti berikut ini :
<HTML>
  <HEAD>
    *** Bagian HEAD ***
  </HEAD>
  <BODY>
    *** Bagian  BODY ***
  </BODY>
</HTML>

Contoh :
<html>
<head>
<title>Dokumen HTML saya yang pertama </title>
</head>
<body>
  Halo semua, Saya baru belajar HTML...!<br>
  Apa Kabar ?
</body>
</html>

Hasil :
 














PENGANTAR PHP
PHP adalah singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses di server. Hasilnya akan dikirim ke klien tempat pemakai mengunakan browser.

Pada prinsipnya PHP mempunyai fungsi yang sama dengan skrip-skrip seperti ASP (Active Server Page), Cold Fusion atau Perl. Kelahiran PHP bermula saat Rasmus Lerdorf membuat sejumlah skrip Perl pada tahun 1994. Skrip tersebut selanjutnya dikemas menjadi tool yang disebut “Personal Home Page”. Paket ini yang menjadi cikal bakal PHP.

Pada tahun 1995, Rasmus menciptakan PHP/FI versi 2. Pada versi ini, pemrogram dapat menempelkan kode terstruktur di dalam tag HTML. Pada saat ini PHP cukup populer sebagai peranti pemrograman web terutama di lingkungan LINUX. Walaupun demikian, PHP sebenarnya juga dapat berfungsi pada server berbasis UNIX, Windows NT dan Macintosh.

Pada awalnya PHP dirancang untuk diintegrasikan dengan web server Apache. Namun belakangan PHP juga dapat bekerja dengan web server seperti PWS (Personal Web Server), IIS (Internet Information Server) dan Xitami.

PHP bersifat bebas pakai, Anda tidak perlu membayar apapun untuk menggunakan perangkat lunak ini. Agar Anda dapat menggunakan program PHP maka lakukan langkah berikut :
1.    Install aplikasi PHPTriad 2.2 agar program dapat dijalankan di lingkungan Windows (dapat di download pada alamat :
2.    Jalankan aplikasi PHPTriad tersebut dengan memilih START > PROGRAM > PHPTRIAD > APACHE CONSOLE > START APACHE
3.    Buat program lalu simpan pada folder C:\APACHE\HTDOCS
4.    Buka browser Internet Explorer lalu untuk menjalankan program ketik
HTTP://LOCALHOST/<nama file php>


SKRIP PHP
Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML sebagai contoh :
<html>
<head>
<title>Belajar PHP </title>
</head>
<body>
  Halo semua, Saya baru belajar PHP...!
</body>
</html>

Simpan program dengan ekstensi .HTML

Adapun kode berikut adalah contoh kode PHP yang berada di dalam kode HTML :
<html>
<head>
<title>Belajar PHP </title>
</head>
<body>
  Halo semua, Saya baru belajar PHP...! <br>
<?php
     printf("Ternyata mudah belajar PHP");
 ?>
</body>
</html>

Simpan program dengan ekstensi .PHP

Hasil :

 













Kode PHP diawali dengan <?PHP dan di akhiri dengan ?>. Pasangan kode inilah yang berfungsi sebagai tag kode PHP. Berdasarkan tag inilah, pihak server dapat memahami kode PHP kemudian memprosesnya dan hasilnya dikirim ke browser.

Kode PHP mirip dengan bahasa C, walaupun tidak sepenuhnya sama. Untuk mencetak teks ke layar digunakan perintah printf atau echo. Model kerja PHP serupa dengan kode HTML, hanya saja ketika berkas PHP yang diminta didapatkan oleh web server, isinya segera dikirimkan ke mesin PHP dan mesin inilah yang memproses dan memberikan hasilnya (berupa kode HTML) ke web server. Selanjutnya web server menyampaikan ke klien.





meeting,group,groups 













Sekarang cobalah untuk melihat kode yang menyusun tampilan di atas, dengan memilih menu View > Source. Perhatikan bahwa kode yang tampil di atas akan berbeda dengan kode PHP aslinya. Jadi yang sampai pada klient sebenarnya adalah kode HTML-nya.

Salah satu kelebihan PHP adalah mampu berkomunikasi dengan berbagai database untuk ditampilkan sehingga bersifat dinamis. Beberapa contoh database diantaranya adalah : dBase, Informix, Microsoft Access,  SQL, Oracle dan sebagainya.

KOMENTAR pada PHP
Komentar merupakan bagian yang penting di dalam program, terutama jika kodenya berukuran besar. Komentar tidak berarti apa-apa bagi komputer, tetapi sangat berguna bagi programer dalam memahami isi program.

Komentar juga diperlukan untuk keperluan debugging, yaitu untuk mematikan kode tertentu selama pengembangan program. Pada PHP komentar dapat diimplementasikan dengan menggunakan tanda # atau //. Untuk komentar multi baris digunakan tanda /* dan */

Contoh :
<html>
<head>
<title>Belajar PHP </title>
</head>
<body>
  Halo semua, Saya baru belajar PHP...! <br>
  <!-- Teks ini dibuat dalam tag HTML -->
<?php
     echo("Ternyata mudah belajar PHP");
     // Teks ini dibuat dalam tag PHP
     # Komentar tidak dicetak dilayar
     /* Jika komentar lebih dari satu baris
        digunakan tanda ini */
 ?>
</body>
</html>

LATIHAN :
1. Buat program PHP untuk menampilkan biodata Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, Bagaimana menurutmu? Ada komentar?