yang fudul

Kamis, 27 Maret 2014

Teori Ekonomi Mikro



Mari kita belajar ekonomi mikro dengan istilah-isilah berikut:
Average product (AP) (produk rata-rata) : produk total dibagi dengan jumlah  unit input yang digunakan.
Constant returns to scale (pengembalian yang konstan atas skala produksi). Bila semua input naik dalam proporsi tertentu dan output yang diproduksi naik dalam proporsi yang tepat sama.
Decreasing returns to scale (pengembalian yang menurun atas skala produksi). Kasus dimana output yang bertambah secara proporsional lebih kecil daripada input.
Expansion path (jalur ekspansi). Tempat titik-titik ekuilibrium produsen akibat adanya perubahan pengeluaran total harga-harga faktor produksi dipertahankan konstan.
Increasing returns to scale (pengembalian yang meningkat atas skala produksi). Kasus dimana output bertambah dengan proporsi yang lebih besar daripada input.
Isocline. Tempat titik-titik pada berbagai isokuan dimana tingkat substitusi input marjinal dari faktor produksi atau kemirirngannya adalah konstan.
Isocost. Menunjukan  semua kombinasi yang berbeda dari dua input yang dapat dibeli atau digunakan perusahaan, berdasarkan pengeluaran total dan harga-harga input.
Isoquant (isokuan). Menunjukan kombinasi yang berbeda dari dua input yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi dua jumlah output tertentu.
Law of deminishing returns (hukum hasil yang semakin berkurang). Bila lebih banyak unit input yang digunakan perunit waktu dimana jumlah input lain tetap, produk marjinal dari input variabelmenurun setelah melewati satu titik.
Long run (jangka panjang). Periode waktu dimana semua semua faktor produksi bersifat variabel.
Marginal product (MP) (produk marjinal). Perubahan produk total per unti perubahan jumlah salah satu  input yang digunakan.
Marginal rate of technical substitution (MRTS) (tingkat substitusi input marjinal). Jumlah input yang bersedia dikorbankan perusahaan untuk menaikkan jumlah input  lain sebesar satu unit dan tetap berada pada isokuan yang sama.
Producer equilibrium (ekuilibrium produsen). Titik dimana seorang produsen memaksimumkan outputnyadengan pengeluaan total tertentu.
Production function (fungsi produksi). Suatu persamaan, tabel, atau grafik yang menunjukkan jumlah ( maksimum) suatu komoditi yang dapat diproduksi perunit waktu untuk setiap kombinasi input alternatif, bila menggunakan teknik produksi terbaik yang tersedia.
Short run (jangka pendek). Periode waktu dimana setidaknya satu faktor produksi atau input adalah tetap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, Bagaimana menurutmu? Ada komentar?