yang fudul

Senin, 17 November 2014

Pelanggaran etika bisnis di Tanggerang



Dalam kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah analisis tentang pelanggaran etika bisnis yang dilakukan salah satu perusahaan di Indonesia, guna menyelesaikan salah satu tugas mata kuliah softskill Etika Bisnis Universitas Gunadarma. Dalam pembahasan pelanggaran etika bisnis kali ini saya akan mengambil contoh kasus yang cukup menghebohkan Indonesia karena suatu pelanggaran etika bisnis yang cukup keterlaluan, seperti yang dijelaskan dalam artikel berikut ini:
Yuki Irawan, 41 tahun, bos pabrik panci CV Sinar Logam di Bayur Opak, Desa Lebak Wangi,
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berjanji mengawal kasus penyekapan puluhan buruh di pabrik panci aluminium, CV Cahaya Logam, di Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang. Menurut Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja, Muji Handaya, bos pabrik panci ini akan dikenakan pasal pelanggaran Undang-Undang Pidana Umum, Undang-Undang Ketenagakerjaan, dan Undang-Undang Perlindungan Anak.
"Kami terus berkoordinasi dengan kepolisian dan pihak terkait lainnya dalam hal penyidikan dan penuntutan hukum," ucap Muji ketika dihubungi Tempo, Ahad, 5 Mei 2013. Namun, kata dia, pemerintah berfokus pada penuntutan pidana terhadap pelanggaran aturan ketenagakerjaan.

Muji mengatakan, para tersangka penyekapan buruh harus dihukum berat secara pidana sebagai efek jera dan pelajaran bagi para pengusaha lain. Para pengusaha yang mempekerjakan para buruh wajib menaati aturan ketenagakerjaan dan memperlakukan para pekerja dengan layak.
Sedangkan 34 buruh yang dipekerjakan dengan buruk di pabrik panci yang terletak di Kampung Bayur Opak RT 03 06, Desa Lebak Wangi, Kecamatan Sepatan Timur, Tangerang, itu sudah bertemu kembali dengan keluarga mereka. Pemulangan dilakukan setelah pemeriksaan kesehatan oleh dinas kesehatan, serta proses pemeriksaan oleh kepolisian dan pegawai pengawas ketenagakerjaan Kementerian Tenaga Kerja.
Pemulangan para buruh tersebut, menurut Muji, dilakukan Sabtu malam. Pemulangan dibagi ke dalam dua gelombang dengan tujuan Lampung Utara dan Cianjur.

Penyekapan di pabrik panci Cahaya Logam terkuak setelah dua buruh yang bekerja di pabrik itu berhasil melarikan diri. Andi Gunawan, 20 tahun, dan Junaidi, 22 tahun, kabur setelah tiga bulan dipekerjakan dengan tidak layak.

Analisis:

Kejadian ‘perbudakan’ di Tangerang tersebut tidak cukup hanya dilakukan tindakan represif terhadap oknum siapapun yang bertanggungjawab. Namun perlu tindakan preventif dan evaluatif atas semua sarana dan prasarana pengawas ketenagakerjaan dari tingkat nasional sampai dengan tingkat kabupaten/kota.

Pertama, Dinas Tenaga Kerja setempat perlu mengupayakan sistem dan metode pengawasan terpadu dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, kelurahan dan atau kecamatan untuk melakukan pengawasan secara langsung ke lapangan secara periodik. Pengawasan yang dilakukan seharusnya tidak terbatas pada pengusahanya tetapi juga bertemu langsung dengan tenaga kerjanya.

Kedua, model pengaduan dan informasi melalui membuka hotline, surat elektronik, sms pengaduan, dan media informasi lainnya harus terus dikembangkan dan dikenalkan kepada masyarakat pelaku produksi.

Ketiga, perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus dan terstruktur tentang UU Ketenagakerjaan dan peraturan yang berkaitan kepada semua pelaku usaha baik dalam bentuk usaha berbadan hukum atau tidak, milik perorangan, milik persekutuan, milik badan hukum, baik swasta maupun milik negara, skala kecil dan menengah.

Keempat, pemerintah harus serius melakukan upaya penghapusan biaya-biaya ‘siluman' (upeti) untuk berdirinya suatu usaha ataupun setelah badan usaha terbentuk (operasional) dan membersihkan oknum-oknum aparat/pejabat di pusat dan daerah yang meminta sumbangan atau dana dalam bentuk apapun.

Kelima, perlu dilakukan terobosan karena keterbatasan jumlah pengawas ketenagakerjaan dengan membentuk ‘Intel’ Ketenagakerjaan yang bertugas mengumpulkan informasi dan data awal dengan tidak mengenal jam kerja sebagaimana pegawai negeri saat ini. Antara Intel Ketenagkerjaan dan Pengawas Ketenagakerjaan sebagai Penyidik saling berkoordinasi setiap ada temuan-temuan, info-info, dan data-data yang ada di lapangan, sehingga laporan-laporan ketengakerjaan yang diwajibkan selama ini mendekati akurat dan konkrit, setelah mendapatkan keterangan awal tersebut petugas pengawas melakukan tugas sebagaimana mestinya salah satunya pembinaan.

Hak-hak yang harus dipenuhi sebagai seorang karyawan agar konsep etika dapat menghasilkan keputusan yang etis setiap level manajemen sumber daya manusia adalah
Hak atas pekerjaan , kerja merupakan hak asasi manusia karena dengan hak akan hidup. 
Hak atas upah yang adil sehingga tidak ada diskrimanitif dalam pemberian upah.
Hak untuk berserikat dan berkumpul, dapat menjadi media advokasi bagi pekerja.
Hak un tuk perlindungan keamanan dan kesehatan.
Hak untuk diproses hukum secara sah, hak untuk diperlakukan sama.
Hak atas rahasia pribadi.
Hak atas kebebasan suara hati.

Kesimpulan:
Berdasarkan analisis diatas maka dapat disimpulkan bahwa para pelaku usaha harus menjalankan etika bisnis dalam menjalankan usahanya dan menghormati hak orang lain sebagai tanggung jawab sosial agar tidak terjadi pelanggaran etika bisnis yang fatal dan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Hak-hak yang harus di hormati oleh para pelaku bisnis dalam konteks etika bisnis yaitu Hak atas pekerjaan , kerja merupakan hak asasi manusia karena dengan hak akan hidup, Hak atas upah yang adil sehingga tidak ada diskrimanitif dalam pemberian upah, Hak untuk berserikat dan berkumpul, dapat menjadi media advokasi bagi pekerja, Hak un tuk perlindungan keamanan dan kesehatan, Hak untuk diproses hukum secara sah, hak untuk diperlakukan sama, Hak atas rahasia pribadi, Hak atas kebebasan suara hati. Apabila hak-hak tersebut di hormati oleh para pelaku usaha kepada karyawannya, maka pelaku usaha dapat terhindar dari pelanggaran etika bisnis
Sumber :
http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt51963e772304b/pelajaran-dari-kasus-kerja-paksa-tangerangbr-oleh--sugeng-santoso-pn-jaka-mulyata
http://www.tempo.co/read/news/2013/05/05/078478047/Kemenakertrans-Kawal-Kasus-Penyekapan-Buruh-Panci

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, Bagaimana menurutmu? Ada komentar?