yang fudul

Rabu, 05 Februari 2014

Contoh soal-soal sistem informasi manajemen (part1)



1.       Sistem yang dirancang untuk digunakan pada tingkat manajemen puncak disebut...
A.      Sistim informasi puncak
B.      Sistim informasi manajemen
C.      Sistem informasi eksekutif
D.      Semua jawaban salah
2.       Menurut Hebert A. Simon, kegiatan intelijen, merancang, memilih, dan menelaah termasuk dalam...
A.      Tahap-tahap pengambilan keputusan
B.      Jenis-jenis keputusan
C.      Bagian perencanaan dalam mengambil keputusan
D.      Semua jawaban salah
3.       Yang merupakan manfaat dari decision support ayatem adalah..
A.      Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
B.      Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatanl keputusan
C.      Memberikan dukungan dalam pembuatan keputusan
D.      Semua jawaban benar
4.       Informasi mempunyai sifat relevansi jika informasi tersebut berhubungan khusus dengan...
A.      Dinamika yang ada
B.      Masalah yang ada
C.      Kehidupan nyata
D.      Ketiganya benar
5.       Pada sifat penerapan yang serempak dapat dilakukan pada perusahaan dengan menggunakan...
A.      Jawaban A dan B benar
B.      Video conference
C.      Audio conference
D.      Jawaban A dan B salah
6.       Bila sebuah model mewakili entity-nya maka prosesnya disebut ...
A.      Model
B.      Entity
C.      Simulasi
D.      Semua jawaban benar
7.       Dalam model matematis yang ditawarkan sebagai fasilitas pemodelan terdapat bagian model yang memberikan ...
A.      Daya saing
B.      Daya peramalan
C.      Daya pemikiran
D.      Daya kehidupan
8.       Menurut Goory dan Scoot mortan, faktor yang sulit untuk implementasi pada suatu komputer adalah...
A.      Keduanya salah
B.      Keputusan terprogram
C.      Keduanya benar
D.      Keputusan terstruktur
9.       Kerangka yang dianjurkan bagi pengguna komputer dikenal sebagai pendekatan sistem, usaha persiapan merupakan langkah pemecahan masalah, berikut ini yang termasuk dalam usaha persiapan...
A.      Mengidentifikasi sumber input perusahaan
B.      Mengidentifikasi subsistem perusahaan
C.      Menganalisis bagian sistem dalam urutan tertentu
D.      Mengevaluasi manajemen
10.   Dalam tingkat tekhnologi DSS, suatu paket hardware, software yang mampu secara cepat dan mudah membuat...
A.      DSS Generator
B.      Spesific DSS
C.      DSS Tools
D.      Support intelligence
11.   Tingkatan dalam diagram arus data..
A.      Atribut, entity, relasi
B.      Terminator, proses, alur, data, datastore
C.      Diagram konteks, diagram zero, diagram detail
D.      Emua jawaban salah
12.   Keputusan yang berulang-ulang dan rutin pada suatu  tingkat tertentu, dan prosedur telah ditetpkan untuk menanganinya sehingga ia tidak dianggap sebagai yang baru setiap kali ia terjadi disebut keputusan ...
A.      Keputusan tak terprogram
B.      Keputusan berulang-ulang
C.      Keputusan terprogram
D.      Keputusan tidak terstruktur
13.   Jika sistem dirancang untuk digunakan oleh satu manajer atau sekelompok manajer yang bekerja dalam sebuah team, maka sistem yang digunakan adalah...
A.      SIM
B.      Otomatis kantor
C.      DSS
D.      Data processing
14.   Kelebihan utama voice mail dibandingkan surat elektronik adalah...
A.      Dapat menangani komunikasi dua arah
B.      Dapat diakses setiap orang
C.      Dapat mengidentifikasi semua orang yang perlu menerima pesan yang sama
D.      Mengirim pesan dengan mengucapkan kedalam telepon daripada mengetiknya
15.   Diagram yang menguraikan proses yang ada didalam diagram zero sehingga tidak dapat diurakan lagi disebut...
A.      Diagram konteks
B.      Diagram zero
C.      Diagram detail
D.      Diagram arus detail
16.   Mengemukakan bahwa manajer menggunakan informasi dalam pembuatan berbagai jenis keputusan adalah...
A.      Peranan interpersonal
B.      Peranan informasi
C.      Peranan decisional
D.      Semua jawaban salah
17.   John P. Kotter beranggapan bahwa eksekutif mengatasi mengatasi kesulitan pekerjaaannya dengan strategi tiga langkah berikut...
A.      Agenda, analisa, desain, pemilihan
B.      Analisa pemilihan penawaran
C.      Desain pemilihan intelegensi
D.      Agenda, jaringan, lingkungan
18.   Analisis pada bisnis dapat juga menggunakan model...
A.      Model keputusan
B.      Matematis
C.      Perimbangan
D.      Ketiganya benar
19.   Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih dan kontrol yang lebih baik termasuk...
A.      Manfaat DSS
B.      Karakteristik flexibility dalam DSS
C.      Tujuan DSS
D.      Semua jawaban salah
20.   Menurut Gorry dan Scott morton untuk semua aplikasi komputer, baik yang masa kini maupun dikemudian hari akan menggunakan...
A.      Sistem penunjang keputusan
B.      Sistem informasi
C.      Sistem pakar
D.      Ketiganya benar
21.   Dibawah ini merupakan komponen sistem pakar, kecuali...
A.      User interface
B.      Knowledge base
C.      Semua jawaban benar
D.      Interface engine
22.   Dapat atau tidak dapat mengontrol operasinya sendiri akan terdapat pada macam sistem...
A.      Tertutup
B.      Terbuka
C.      Keputusan
D.      Dinamis
23.   Data flow diagram dapat digunakan dalam..
A.      Operasional
B.      Diagram dokumentasi
C.      Produksi
D.      Normalisasi
24.   Pengubahan/ tranformasi simbol untuk tujuan peningkatan kegunaanya disebut...
A.      Transmisi data
B.      Transformasi data
C.      Pengolahan data
D.      Komonikasi data
25.   Perbedaan system informasi manajemen (SIM) dan Decision support system (DSS) adalah...
A.      Pada siapa yang menggunakan sistem dan bagaimana menerapkan  informasi yang dihasilkan
B.      SIM dirancang untuk digunakan oleh seorang manajer disuatu perusahaan
C.      DSS dirancang untuk digunakan oleh seluruh manajer dalam suatu perusahaan
D.      Semua jawaban salah
26.   Information resources management disebut juga manajemen informasi sebagai...
A.      Perencanaan strategis
B.      Perencanaan taktis
C.      Perencanaan formal
D.      Perencanaan operasional
27.   Menggunakan urutan laporan untuk menyoroti pengecualian merupakan penggabungan laporan kedala :
A. Manajer yang sukses
B. manajer dengan pengecualian
C. manajer yang inovatif
D. ketiganya benar


Selasa, 04 Februari 2014

Permintaan, penawaran, dan ekuilibrium: satu tinjauan



 
Change in demand (perubahan permintaan). Pergeseran seluruh kurva permintaan suatu komoditi yang disebabkan oleh perubahan pendapatan nominal individu, cita rasa, atau harga kmoditi lain.
Change in the quantity demaned (perubahan jumlah yang diminta). Pergeseran sepanjamg kurva permintaan tertentu untuk suatu komoditi akibat adanya perubahan harga komoditi tersebut.
Change in the quantity supplied (perubahan jumlah yang ditawarkan). Pergeseran sepanjamng kurva penawaran tertentuuntuk suatu komoditi akibat adanya perubahan harga komoditi tersebut.
Change in supply (perubahan penawaran). Pergeseran seluruh kurva penawaran suatu komoditi yang disebabkan oleh perubahan tekhnologi, harga input yang diperlukan untuk memproduksi komoditi itu, dan (untuk komoditi pertanian) kondisi iklim dan cuaca.
Equilibrium (ekuilibrium). Kondisi pasar yang sekali dicapai, cenderung untuk bertahan. Hal ini terjadi apabilajumlah komoditi yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan dipasar.
Law of demand (hukum permintaan). Hubungan terbalik antara harga dan jumlah; yang tercermin dalam kemiringan negatif dari kurva permintaan.
Stable equilibrium (ekuilibrium yang stabil). Jenis ekuilibrium dimana tiap penyimpangan dari titik ekuilibrium akan menggerakan kekuatan-kekuatan pasar dan mendorong pasar kembali kekondisi ekuilibrium
Unstable equilibrium (ekuilibrium yang tidak stabil). Jenis ekuilibrium dimana tiap penyimpangan dari titik ekuilibrium akan menggerakkan kekuatan-kekuatan pasar dan mendorong pasar lebih jauh dari kondisi ekuilibriumnya.