yang fudul

Jumat, 20 Januari 2012

nambah ilmu : MENGENAL CYBER BULLYING


Oleh       : Bela putra perdana
Mengenal Cyber Bullying
ﺧﻴﺭﺍﻟﻨﺎﺲ ﻤﻦ ﻳﻨﻔﻊ ﻠﻠﻨﺎ ﺱ (ﺮﻮﺍﻩ ﻤﺗﻔﻕ ﻋﻠﻴﻪ)
Artinya : “Sebaik-baik manusia adalah orang yang selalu memberi manfaat kepaa manusia lain.” (HR Muttafaqun Alaih)
ﻮﺍﷲ ﻔﻲ ﻋﻮﻥ ﺍﻟﻌﺒﺩ ﻤﺎ ﻜﺎﻥ ﺍﻠﻌﺒﺩ ﻔﻲ ﻋﻮﻥ ﺃﺧﻳﻪ (ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻠﺷﻴﺧﺎﻦ)
Artinya :“Allah itu senantiasa menolong hambanya, selagi hambanya itu menolong saudaranya.” (HR Asy Syaikhan).

Pesan-pesan suci diatas saya kira telah menggambarkan bagaimana seorang manusia seharusnya bersikap dalam kesyukuran hidup di dunia yang dijalani hanya sementara ini. Dan kata-kata indah diatas berkaitan dengan topik yang akan saya jelaskan secara lengkap yaitu mengenal Cyber bullying.
Konon, istilah bullying ini sendiri terkait dengan bull, sapi jantan yang suka mendengus (untuk mengancam, menakuti-nakuti, atau memberi tanda). Kamus Marriem Webster menjelaskan bahwa bully itu adalah to treat abusively (memperlakukan secara tidak  sopan) atau to affect by means of force or coercion (mempengaruhi dengan paksaan dan kekuatan).
 Adapun macam-macam bullying :
  • Penyerangan fisik: memukul, menendang, mendorong, dan seterusnya
  • Penyerangan verbal: mengejek, menyebarkan isu buruk, atau menjuluki sebutan yang jelek
  • Penyerangan emosi: menyembunyikan peralatan sekolah, memberikan ancaman, menghina
  • Penyerangan rasial: mengucilkan anak karena ras, agama, kelompok, dst
  • Penyerangan seksual: meraba, mencium, dan seterusnya
Hal-hal seperti ini lah yang biasa kita jumpai di kehidupan sehari-hari, yang tanpa sadar kita sendiri pernah menjadi korban ataupun kitalah yang sebenarnya pelaku dari Bullying. Lalu bagaimana dengan istilah cyber Bullying sendiri? Ya istilah ini cukup asing, tapi sebenarnya korbannya sudah banyak, bahkan tidak sedikit diantaranya telah meninggal dunia dengan cara bunuh diri, tentunya dengan alasan tidak kuat menanggung malu sebagai korban cyber bullying. Berikut penjelasan:

Cyber bullying adalah perilaku anti-sosial yang melecehkan ataupun merendahkan seseorang, kebanyakan menimpa anak-anak dan remaja, baik yang dilakukan secara online atau melalui telepon seluler.
Cyber bullying dapat melalui media SMS, email, instant messaging (IM), blog, jejaring social (misalnya facebook atau twitter), atau halaman web untuk mengganggu, mempermalukan dan mengintimidasi seseorang. Bentuknya bermacam-macam, misalnya menyebarkan berita atau isu palsu, memposting foto-foto memalukan, pelecehan seksual, ancaman hingga tindakan yang berujung pemerasan.
Contoh kasusnya, pengiriman kata-kata makian yang tidak pantas yang dikirim melalui SMS, Hal itu merupakan salah satu bentuk cyber bullying. Atau beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, menyebarkan berita palsu dan pencemaran nama baik yang dilakukan di facebook atau twitter yang berujung dengan pelaporan kasus ke pihak kepolisian.
Terkadang, kita secara tidak sengaja melakukan cyber bullying. Misalnya, mengupload foto teman dengan maksud untuk lucu-lucuan, terkadang tanpa kita sadari hal itu menyinggung dan menyakiti hatinya. Untuk menghindari tindakan ini, sebaiknya kita menjaga perilaku, menghargai, dan menghormati setiap orang.

Jangan heran seseorang mempunyai sifat yang berbeda-beda seperti pemalu, ceplas-ceplos, pemikir dengan logika, atupun pendiam. Karena manusia memiliki 9 sistem otak dan kepribadian yang berbeda-beda. S (Sensing) T (Thinking)  I (intuiting) F (Feeling) In (Insting) . Namun saling menghargai dan toleransi merupakan kunci dari setiap permasalahan. Mari kita STOP kegiatan Cyber Bullying. Kemajuan tekhnologi harusnya kita syukuri dengan sebaik mungkin, jangan sampai salah dalam menggunakan fungsinya.

“Kita STOP Cyber bullying dengan cara mengenalinya dulu, karna tanpa disadari kita pun pernah menjadi pelakunya”.

Tidak ada manusia yang terlalu baik, karna manusia diciptakan memang untuk berbuat baik kepada sesamanya, dan kadang kita salah dalam mengartikan ketegasan, ketegasan sebenarnya adalah saat kita tegas memutuskan dalam berbuat kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hai, Bagaimana menurutmu? Ada komentar?